DPMPTSP MENGIKUTI KEGIATAN ASISTENSI PROGRAM MONITORING CENTER FOR PREVENTION (MCP) WILAYAH PAPUA
gambar
DPMPTSP MENGIKUTI KEGIATAN ASISTENSI PROGRAM MONITORING CENTER FOR PREVENTION (MCP) WILAYAH PAPUA

14 Desember 2022

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke di wakili oleh Kepala Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi Penanaman Modal Dra. Margaretha Lamera serta Kepala Seksi Sistem Pelayanan Elektronik Guntur Prastowo ST mengikuti kegiatan Asistensi Program Monitoring Center For Prevention (MCP) Wilayah Papua yang di selenggarakan di Hotel Horison Jayapura pada tanggal 13 - 16 Desember 2022. Kegiatan dibuka oleh Asisten III Bidang Umum Sekda Provinsi Papua Bapak Yorgemes Derek Hegemur, S.H, M.H, setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan arahan singkat oleh Koordinator Korsupgah KPK RI wilayah III Bapak Dian Patria, perwakilan IRJEN KEMENDAGRI, Korwas BPKP Perwakilan Provinsi Papua Bapak Mujiyanto, Ak,M.Ec.Dev, C.FrA, CRMP.

Pemerintah Kabupaten Merauke mendapat jadwal pada hari pertama pelaksanaan, kegiatan asistensi ini dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama terdiri dari Provinsi Papua, Kabupaten Paniai, Kabupaten  Dogiyai, Kabupaten Deiyai sedangkan kelompok kedua terdiri dari Kabupaten Nabire, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Pegunungan Bintang. Dalam pembahasan kelompok dibahas capaian terhadap area intervensi yang telah di tetapkan antara lain : perencanaan dan penganggaran APBD, perizinan, manajemen ASN, pengelolaan BMD, pengadaan barang dan jasa, pengawasan APIP dan optimalisasi pajak daerah.

Berdasarkan indikator dan sub indikator yang ada pada area intervensi, pada area intervensi perizinan mendapat indeks 72,28 %.

Pada hari kamis tanggal 15 September 2022, bertempat diruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke dilaksanakan rapat pembahasan rancangan naskah akademis dan penyusunan dokumen Rencana Umum Penanaman Modal Kabupaten Merauke. Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Merauke Ir. Justina E. Sianturi, M.Si beserta pejabat Eselon III dan Eselon IV di lingkungan DPMPTSP Kabupaten Merauke serta Tim Ahli Penyusun Naskah Akademik dan Rencana Umum Penanaman Modal Kabupaten Merauke yang terdiri dari : 1.) DR. Irba Djaya, S.P, M.Si ; 2.) DR. Elly Noer, S.E, M.M; 3.) Mulyadi Alfianto Tajuddin, S.H, M.H; 4.) Muhammad Saiful Fahmi, S.Sos, M.H.

Dalam rapat tersebut, Tim Ahli memaparkah rancangan naskah akademik dan rencana umum penanaman modal Kabupaten Merauke selanjutnya Kepala DPMPTSP Kabupaten Merauke Ir. Justina E. Sianturi, M.Si memberikan masukan dalam rangka penyusunan rancangan naskah akademik dan Rencana Umum Penanaman Modal Kabupaten Merauke. Kegiatan ini merupakan tahap persiapan sebelum dilaksanakannya kegiatan FGD terkait penyusunan naskah akademik dan Rencana Umum Penanaman Modal Kabupaten Merauke.