DPMPTSP KABUPATEN MERAUKE MENGIKUTI STAKEHOLDER MEETING FOR CDM PROJECT ACTIVITY DI PT. BERKAT CIPTA ABADI KAMPUNG SELIL DISTRIK ULILIN
gambar
DPMPTSP KABUPATEN MERAUKE MENGIKUTI STAKEHOLDER MEETING FOR CDM PROJECT ACTIVITY DI PT. BERKAT CIPTA ABADI KAMPUNG SELIL DISTRIK ULILIN

03 April 2023

Jumat, 31 Maret 2023 bertempat di Kantor PT. Berkat Citra Abadi di Distrik Ulilin Kabupaten Merauke diselenggarakan stakeholders meeting for CDM project activity. Pertemuan ini adalah kegiatan awal dalam rangka perencanaan pengoperasian system reactor ZPHBR untuk menangkap gas metana yang dihasilkan oleh limbah minyak kelapa sawit (POME) dari pabrik kelapa sawit milik PT. Berkat Cipta Abadi.  Proyek ini merupakan usaha untuk mengurangi emisi metana dan merupakan bagian dari proyek ‘’ Pemulihan dan Penghindaran Metana dari Proyek Pengolahan Air Limbah’’ yang akan beroperasi sesuai pedoman Pembangunan Bersih Mekanisme (CDM) dibawah Protokol Kyoto. PT. Berkat Cipta Abadi bekerjasama dengan KIS Group. Hasil dari pengolahan POME ini akan disalurkan sebagai tenaga penggerak turbin yang akan menghasilkan listrik selanjutnya akan digunakan untuk operasional pabrik serta mendukung sumber tenaga listrik pada mess karyawan.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke Ir. Justina E. Sianturi, M.Si, Kepala Bidang Pengendalian Penanaman Modal Ismanto, S.Sos,M.Si dan Kepala Seksi Pelayanan Elektronik Guntur Prastowo,ST, utusan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, utusan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Merauke, utusan Dinas ESDM Provinsi Papua Selatan, Utusan YASANTO, utusan Universitas Musamus Merauke, dan perwakilan dari masyarakat adat mandobo dan masyarakat adat marind. Direktur PT.BCA menghadiri pertemuan tersebut di damping oleh pimpinan manajemen PT. TSE Group.

Para stakehlders yang hadir pada pertemuan tersebut memberikan masukan – masukan dalam rangka perencanaan pengoperasian proyek CDM.

Perusahan PT. BCA merencanakan proyek ini sabagai wujud komitmen perusahaan untuk mengurangi dampak limbah kepada lingkungan dan sebagai komitmen investor PT.BCA menjalankan “ Go Green for Sustainable Investment”.Proyek CDM ini merupakan yang pertama di Papua.