KABUPATEN MERAUKE RAIH JUARA PADA AJANG APKASI OTONOMI EXPO (AOE) TAHUN 2023
gambar
KABUPATEN MERAUKE RAIH JUARA PADA AJANG APKASI OTONOMI EXPO (AOE) TAHUN 2023

26 Juli 2023

Menampilkan produk UMKM, makanan khas bumi animha (sagu sep dan tepung sagu), produk kopi serta inovasi layanan perizinan “Layanan Bert(e)man”, Kabupaten Merauke raih juara stand terbaik kategori Inovatif pada ajang APKASI Otonomi Expo 2023 di ICE BSD Tangerang, Provinsi Banten. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke Ir. Justina E. Sianturi, M.Si mewakili Pemerintah Kabupaten Merauke menerima penghargaan tersebut dan menyatakan bahwa kemenangan ini adalah kemenangan bersama masyarakat di bumi Animha.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, terhitung dari tanggal 20-22 Juli 2023 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak H.Ma’ruf Amin. APKASI Otonomi Expo (AOE) 2023 diikuti sebanyak 141 peserta yang terdiri dari 131 Kabupaten, 1 Kementerian, 3 Provinsi dan 6 Perusahaan swasta.

Pemerintah Kabupaten Merauke diikuti oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata dan Bagian Perekonomian SETDA Kabupaten Merauke. Dalam kegiatan  AOE 2023 dilaksanakan juga business matching, panggung seni & budaya, fashion show wastra nusantara dan field trip ke Wisata Mangrove Desa Ketapang, Mauk Tangerang.

Produk UMKM seperti madu pokos, ikan asin gastor, abon ikan gastor, terasi, minyak kayu putih, minyak sere merah, dendeng daging rusa, makanan khas sagu sep, tepung sagu, beras serta kopi muting serta Liberika dari Yeinan ditampilkan dalam stand Pemerintah Kabupaten Merauke. Selain produk-produk UMKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke juga menyajikan inovasi pelayan publik yaitu inovasi Layanan Berbantuan Mandiri atau disebut (Layanan Bert(e)man. Inovasi ini ditujukan kepada para pelaku usaha mikro kecil dengan risiko kegiatan usaha rendah dan menengah rendah.

Kemenangan sebagai stand kategori inovatif pada tahun ini melanjutkan hasil positif yang telah di peroleh Pemerintah Kabupaten Merauke  dalam gelaran pameran APKASI tahun 2022 lalu, dimana juga keluar sebagai stand terfavorit.