KEGIATAN SOSIALISASI OSS-RBA DAN IMPLEMENTASI INOVASI
gambar
KEGIATAN SOSIALISASI OSS-RBA DAN IMPLEMENTASI INOVASI

06 Mei 2023

Kamis, 04 Mei 2023, di Aula Distrik Ulilin,  Kabupaten Merauke, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke menyelenggarakan sosialisasi Online Single Submission –Risk Based Approach (OSS- RBA), dan implementasi Inovasi “ SI-JADI “ berkantor dikampung.

Kepala Distrik Ulilin, Yoseph Paskalis Sirken,  membuka secara resmi kegiatan itu dan mengingatkan kepada seluruh peserta pelaku usaha,  aparat kampung dan aparat distrik agar mengikuti sosialisasi sebaik-baiknya, sehingga peserta bisa  memahami pada saat penerapan pelayanan langsung kepada pelaku usaha di distrik dan kampung.

Mewakili Kepala DPMPTSP Kabupaten Merauke, Kepala Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi, Dra. Margaretha Lamera, menyajikan materi sosialisasi tentang OSS-RBA sebagaimana  Undang-Undang No. 6 tahun 2023 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang undang No. 2 Tahun 2022, tentang cipta kerja menjadi undang undang. bahwa untuk mendapatkan kepastian hukum yang jelas dan kualitas perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan, perlu didukung dengan pelayanan perizinan yang cepat, mudah, terintegrasi, transparan, efisien, efektif dan akuntabel.

Dalam pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan perizinan  berusaha berbasis risiko OSS-RBA, Dra. Margaretha Lamera mengatakan bahwa pelaku usaha bisa secara mandiri online mengakses perizinan usaha melalui sistem OSS-RBA.Dra. Margaretha Lamera berharap bahwa aparat distrik dan kampung dapat mengedukasi serta membantu pelaku usaha  dan warga masyarakat yang hendak mengurus perizinan berusaha, karena aparat distrik dan kampung adalah sumber daya manusia pelayan publik perpanjangan tangan pemerintah kabupaten. Melalui sosialisasi OSS-RBA dengan inovasi “SI – Langsung JADI” berkantor dikampung bertujuan agar pelayanan perizinan dapat dilakukan secara mandiri online serta dapat diakses sampai di distrik, kampung dengan demikian inovasi sangat diperlukan untuk memudahkan dan menolong percepatan izin pelaku usaha. DPMPTSP terus mengembangkan inovasi, selain SI-Langsung JADI terdapat inovasi baru “KK BOS” (Klinik Konsultasi Berbasis Online Sistem) yaitu sebuah inovasi berupa Live Chat untuk mendampingi proses perizinan yang dilakukan secara mandiri.

Inovasi KK BOS didukung oleh website dpmptsp.merauke.go.id. Setiap pelaku usaha dapat masuk melalui website untuk memproses izin atau dapat melihat fitur-fitur/menu yang tersedia dalam website. Bahkan dengan adanya KK BOS maka pelaku usaha bisa berkomunikasi dengan petugas perizinan/LKPM.

Ketua panitia Dra. Margaretha Lamera melaporkan pada saat acara penutupan bahwa tujuan dari sosialisasi ini telah tercapai dimana aparat distrik, aparat kampung telah dapat melakukan pelayanan kepada pelaku usaha dalam mengurus proses perizinan melalui OSS-RBA. “Dari hasil sosialisasi sehari ini, telah terbit 12 izin usaha terdiri dari 10 pelaku usaha kios dan 2 pelaku usaha warung makan.”.(Dra. Margaretha Lamera/Tim)