SOSIALISASI LAYANAN BERT(e)MAN DI DISTRIK SEMANGGA
gambar
SOSIALISASI LAYANAN BERT(e)MAN DI DISTRIK SEMANGGA

13 Desember 2023

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke menggelar kegiatan Fasilitasi Penyelesaian Permasalahan dan Hambatan Pelaku Usaha di Distrik Semangga pada tahun 2023. Kegiatan ini bertempat di Balai Kampung Sidomulyo dan difokuskan pada pemberian layanan untuk mempermudah pelaku usaha dalam mengurus perizinan dan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.

Bidang Pengendalian dan Pengawasan Dinas Penanaman Modal memainkan peran sentral dalam kegiatan ini dengan memberikan bantuan serta solusi terhadap hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pelaku usaha setempat. Dalam suasana yang akrab, para pelaku usaha dapat dengan langsung berkonsultasi dan mendapatkan panduan mengenai perizinan yang diperlukan untuk kelancaran kegiatan usaha mereka.

Salah satu inovasi yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Layanan Berteman, di mana pelaku usaha dapat mendaftarkan izin usahanya dengan mudah. Proses pendaftaran dilakukan dengan menscan QRcode yang disediakan, mengisi data yang diperlukan, dan menunggu notifikasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Peserta kegiatan memberikan respons positif terhadap inovasi ini, menyatakan bahwa metode ini lebih efisien dan memberikan kemudahan dalam proses administratif. Diharapkan, upaya-upaya seperti ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Distrik Semangga dan memperkuat daya saing pelaku usaha setempat.