SOSIALISASI BIMTEK OSS-RBA DAN LKPM ONLINE
gambar
SOSIALISASI BIMTEK OSS-RBA DAN LKPM ONLINE

13 September 2021

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke melalui Bidang Pengendalian, Pengelolaan Data dan Informasi Pelaksanaan Penanaman Modal menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Online yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 09 – 11 September 2021 di Swiss-belHotel Merauke. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahap pelaksanaan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021.

Adapun pelaksanaannya dibuka secara resmi oleh Sekretaris DPMPTSP yaitu Bapak Laurensius Waimu,S.Sos mewakili Kepala DPMPTSP Kabupaten Merauke.

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber yaitu  ?Bapak Satuman dari Perusahaan Korindo Group dan Ibu Renate Rita Theresia Rahaor dari PT. Bio Inti Agrindo dan diikuti oleh 90 orang pelaku usaha PMDN di Kabupaten Merauke dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada pelaku usaha PMDN di Kabupaten Merauke tentang OSS-RBA dan juga LKPM Online.

OSS adalah sistem perizinan berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan perizinan di daerah dan pusat dalam rangka mempermudah kegiatan usaha di dalam negeri, OSS ini akan sangat mempermudah dan mempercepat sistem perijinan dalam kegiatan usaha di Indonesia baik pusat maupun daerah. Dengan OSS pelaku dunia usaha akan dimudahkan dalam mengajukan hampir seluruh jenis perijinan dalam kegiatan usaha, apalagi OSS bisa diakses dari manapun dan kapan pun. Sedangkan LKPM adalah laporan mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Online bagi Pelaku Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) adalah :

  • ?Materi OSS-RBA
  • Tampilan dan cara menggunakan OSS-RBA
  • Perbedaan OSS-RBA dan OSS Versi 1.1
  • Cara mendapatkan hak akses OSS-RBA
  • Simulasi OSS-RBA
  • Materi LKPM Online
  • Definisi LKPM
  • Dasar Hukum
  • Ketentuan Penyampaian LKPM
  • Sanksi Administratif
  • Simulasi LKPM Online

Dengan diadakannya kegiatan Bimtek ini, diharapkan agar pelaku usaha PMDN dapat mengerti cara menggunakan OSS-RBA dan pelaporan LKPM online, dapat menyampaikan LKPM tepat waktu,  serta memberikan pemahaman mengenai pelaksanaan kebijakan penanaman modal serta memberikan pemahaman dan kemudahan dalam Pelaporan Realisasi Nilai Investasi, guna mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan di Kabupaten Merauke berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.?