PENINJAUAN LAPANGAN YANG BERKAITAN DENGAN PERIZINAN BIDANG LINGKUNGAN
gambar
PENINJAUAN LAPANGAN YANG BERKAITAN DENGAN PERIZINAN BIDANG LINGKUNGAN

08 September 2021

Kegiatan Peninjauan di Distrik Ulilin oleh Tim dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Merauke dilaksanakan pada tanggal 08 September 2021 bertempat di area konsesi  PT. Bio Inti Agrindo yang bergerak di bidang Perkebunan Kelapa Sawit.

Kegiatan diawali dengan diskusi bersama antara Managemen PT. Bio Inti Agrindo bersama Tim dari DPMPTSP Kabupaten Merauke bertempat di ruang rapat Kantor PT. Bio Inti Agrindo Estate 3 Distrik Ulilin dan kemudian diskusi dilanjutkan pada Kantor Perkebunan Plasma PT. Bio Inti Agrindo. Selanjutnya peninjauan berkaitan dengan perizinan di bidang lingkungan dilaksanakan pada fasilitas Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) Limbah B3 dan Pabrik Crude Palm Oil (CPO) yang dimiliki oleh PT. Bio Inti Agrindo. Dalam pelaksanaan perizinan TPS-LB3 yang dimiliki oleh PT. Bio Inti Agrindo, limbah yang dihasilkan oleh mesin – mesin pabrik berupa oli kotor dan sejenisnya di simpan dalam tempat penyimpanan sementara yang berada pada masing- masing sektor dan selanjutnya di kumpulkan pada Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3. Selain itu juga dilakukan  peninjauan berkaitan dengan perizinan di bidang kesehatan. Tim membagikan blangko kesehatan pada klinik di areal perusahaan dan mengarahkan  petugas medis dalam proses pengajuan perizinan seperti ijin praktek perawat, ijin praktek bidan dan ijin praktek apoteker melalui sistem pelayanan perizinan terpadu (SIPPADU) yang sudah dapat diakses secara online.

Dari pelaksanaan peninjauan lapangan dapat disimpulkan bahwa PT. Bio Inti Agrindo sudah melaksanakan semua kewajiban yang tertuang dalam perizinan dan diawasi secara berkala oleh Instansi Teknis yang membidangi. Pada sektor kesehatan petugas medis sangat antusias dengan sistem perizinan online yang telah dikembangkan oleh DPMPTSP Kabupaten Merauke.