BIMTEK/SOSIALISASI PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO, ONLINE SINGLE SUBMISSION BASED APPROACH (OSS-RBA) BAGI PELAKU USAHA DI KABUPATEN MERAUKE TAHUN 2024
gambar
BIMTEK/SOSIALISASI PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO, ONLINE SINGLE SUBMISSION BASED APPROACH (OSS-RBA) BAGI PELAKU USAHA DI KABUPATEN MERAUKE TAHUN 2024

13 Juni 2024

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Merauke dengan bangga menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Online Single Submission Based Approach (OSS-RBA) bagi para pelaku usaha di Kabupaten Merauke. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 12-13 Juni 2024, bertempat di Hotel Halogen Merauke.
Pembukaan kegiatan ini dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Beni Malik, S.Pd., M.Pd., yang mewakili Bupati Merauke, didampingi oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Merauke, Marwiah Ali Mahmud, S.T., M.Si. dan Kabid Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal; Ismanto, S.Sos., M.Si. Bimtek ini berfokus pada dua sektor utama, yaitu Sektor Perdagangan dan Sektor Pariwisata.
Dalam kesempatan ini, beberapa narasumber dari instansi terkait turut hadir untuk memberikan materi dan panduan kepada para peserta. Narasumber yang hadir antara lain:
1. Hary Legiman, S.T., perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kab. Merauke.
2. Guntur Prastowo, S.T., perwakilan dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Merauke.
3. Muhammad Taher, S.T., Perwakilan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Merauke.
4. Haidi Silvanaranti Achmad, S.H., perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi Dan UKM Kab. Merauke
5. Arisaning Mukti, A.Md.Par., perwakilan dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab. Merauke.
Ismanto, S.Sos., M.Si., di ruangan kerjanya, menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat berjalan dengan baik berkat dukungan penuh dari semua pihak, terutama dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menerima Hak Akses OSS-RBA, panitia penyelenggara, serta peserta yang merupakan pelaku usaha dari sektor perdagangan dan pariwisata.
Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan Bimtek/Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pelaku usaha mengenai pentingnya perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem OSS-RBA. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, para pelaku usaha di Kabupaten Merauke dapat lebih mudah dan efisien dalam mengurus perizinan usaha mereka, sehingga dapat meningkatkan iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di daerah ini.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua peserta, serta mendorong terciptanya sinergi yang baik antara pemerintah dan pelaku usaha dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah.