SURVEI PERIZINAN LIMBAH B3 DAN IMB PADA PT. AGRIPRIMA CIPTA PERSADA
gambar
SURVEI PERIZINAN LIMBAH B3 DAN IMB PADA PT. AGRIPRIMA CIPTA PERSADA

30 Maret 2023

Kamis, 27 Maret 2023 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke melakukan Survei Perizinan Limbah B3 dan IMB Terhadap PT. Agriprima Cipta Persada Di Distrik Muting. Dikoordinatori oleh Bpk. Thomas Mahuse, SE terlebih dahulu dilakukan koordinasi bersama Manager ACP I, Maringan Sinaga di ruang rapat PT. ACP sebelum turun langsung ke titik lokasi.

Selanjutnya Bpk. Thomas Mahuse, SE diikuti oleh anggota rombongan yakni Surya Irawan, Afifah Zahrah ST, dan Neni Nengsih didampingi oleh Asisten HSE K3 Tomy Wanda dan Staf SSL Dahrim Mulyadi  turun langsung melihat TPS Limbah B3 dan bangunan baru di sekitar area PT. ACP.

Dari survey yang dilakukan diketahui bahwa pengelolaan Limbah B3 berupa oli dan juga limbah padat dilakukan setahun sekali pada bulan November dengan pengiriman ke luar daerah, bekerjasama dengan vendor penyedia jasa pengangkutan limbah B3 dalam hal ini PT. Afreen Animha Lestari. Sedangkan Pengolahan Limbah cair yang dihasilkan dari aktivitas produksi pabrik kelapa sawit (PKS) dilakukan dengan menerapkan sistem Land Application (LA), sehingga limbah cair yang dihasilkan bisa dimanfaatkan menjadi pupuk untuk tanaman kelapa sawit.

Untuk perizinan IMB sendiri terdapat beberapa bangunan yang belum mengantongi  izin seperti di areal ACP1 7 unit, ACP2 9 unit dan APM ada 9 unit yang pada tahun 2020 sampai dengan 2023 saat ini masih dalam tahap pembangunan.