HASIL SURVEY, TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT MENINGKAT
gambar
HASIL SURVEY, TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT MENINGKAT

02 Agustus 2022

Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Merauke melalui penerapan OSS RBA (online single submission Risk Based Approach), terus menunjukan hasil penilaian positif. Kepala DPMPTSP Kabupaten Merauke, Ir. Justina E. SIanturi, M.Si, saat ditemui di ruang kerjanya, mengungkapkan, dalam rangka mengetahui sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan pihaknya, maka setiap triwulan, pihaknya melakukan survey melalui kuisioner yang diberikan kepada masyarakat dengan Kawasan yang dapat mewakili masyarakat.
Survey yang dilakukan ini, selain untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat juga sekaligus sebagai evaluasi untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.
Untuk 2021 lalu, hasil kuisioner menunjukan bahwa tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang kita berikan masih berada di 85 persen. Tapi, di triwulan pertama tahun 2022 yakni Januari – Maret tingkat kepuasan masyarakat naik menjadi 91,09 persen. Selanjutnya, pada triwulan kedua April – Juni 2022 mencapai 91,30 persen. Artinya, tingkat kepuasan masyarakat sangat bagus, tandas mantan Kepala Dinas CIpta Karya Kabupaten Merauke ini ditemui di ruang kerjanya.
Justina E. Sianturi menjelaskan, untuk kuisioner di triwulan kedua, pihaknya mengambil 60 Kuisioner yang dapat mewakili masyarakat Merauke dengan tingkat Pendidikan yang beragam mulai dari lulusan SD sampai sarjana.
Dalam survey itu, selain terkait dengan urusan izin yang diurus untuk mendapatkan layanan, juga berkaitan dengan pelayanan SDM. Kemudian juga mengenai kecepatan layanan dan menyangkut kemudahan – kemudahan yang diperoleh, “jelasnya.
Kendati mendapatkan tingkat kepuasan masyarakat yang sangat bagus berdasarkan hasil survey yang dilakukan tersebut, namun Justina Sianturi berharap ini bukan hanya tertulis tapi hal yang paling penting bagaimana implementasi pihaknya dalam melaksanakan pelayanan secara optimal.
“itu yang paling penting sehingga sumber daya manusia juga harus tetap kita tingkatkan. Kalua dulu 3S yakni senyum, sapa, salam. Tapi sekarang sudah menjadi 5S, yakni senyum, sapa, salam, sopan dan santun. Sehingga masyarakat yang kita layani juga selain mendapatkan pelayanan, juga merasa puas karena dihargai dan dalam pelayanan itu mereka mendapatkan apa yang diharapkannya, “tambahnya.