INOVASI LAYANAN BERT(E)MAN (LAYANAN BERBANTUAN MANDIRI) DISOSIALISASIKAN DI DISTRIK MUTING
gambar
INOVASI LAYANAN BERT(E)MAN (LAYANAN BERBANTUAN MANDIRI) DISOSIALISASIKAN DI DISTRIK MUTING

11 September 2023

Pada hari Kamis, 7 September 2023 bertempat di Distrik Muting. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke melakukan sosialisasi inovasi pelayanan publik yang diberi nama Inovasi Layanan Bert(e)man (Layanan Berbantuan Mandiri), inovasi ini ditujukan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) perseorangan dengan risiko rendah dan menengah rendah. Kegiatan ini dipimpin langsung Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke Marwiah Ali Mahmud, ST, M.Si. Kegiatan dilaksanakan di 3 tempat antara lain di Kantor Distrik Muting, PT. Agriprima Cipta Persada dan di kampung Seed Agung. Sosialisasi di Kantor Distrik Muting dihadiri oleh Sekretaris Distrik Muting Bapak Bejo, S.Pd dan aparat Distrik Muting. Dalam sambutannya Plt. Kadis DPMPTSP Marwiah Ali Mahmud, ST, M.Si menyampaikan bahwa Inovasi Layanan Bert(e)man dilaksanakan dalam rangka percepatan layanan perizinan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) sebagai wujud nyata peran Pemerintah Daerah dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, Marwiah Ali Mahmud ST, M.Si meminta bantuan aparat Distrik Muting untuk dapat memberikan pendampingan kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan Layanan Bert(e)man. Selanjutnya sosialisasi dilanjutkan ke PT.Agriprima Cipta Persada, pihak perusahaan mengapresiasi dan berkomitmen untuk mensosialisasikan inovasi pelayanan ini kepada pelaku usaha di Kawasan perusahaan.

Pada hari jumat, 8 September 2023 sosialisasi dilanjutkan ke kampung seed agung, khususnya kepada pelaku usaha yang bergerak di perkebunan kopi. Masyarakat menyambut dengan baik inovasi Layanan Bert(e)man.

Dalam sambutannya kepada masyarakat di kampung seed agung, disampaikan bahwa inovasi Layanan Bert(e)man sendiri lebih mensasar SDM pelaku usaha yang akan melakukan pengisian data format melalui HP Android dengan cara scan barcode Layanan Bert(e)man yang selanjutnya dikirim secara WhatsApp ke link DPMPTSP langsung yang kemudian akan diverifikasi petugas DPMPTSP sebelum di teruskan ke Link OSS-RBA yang selanjutnya akan menerbitkan password, user.id dan NIB. Setelah terbit perizinan berusaha akan dikirim ke pemohon melalui Whatsapp.